Membangun kepercayaan

April 17, 2019 by No Comments

Suatu saat saya bertanggung jawab pada suatu unit dan krn unit sy bekerja membutuhkan dukungan dari unit lain, maka sy coba berkomunikasi dengan semua lapir yang akan mengambil keputusan. 

Karena, sy tidak tahu rinci, tapi sy harus membuat dan membangun kepercayaan (yang mernurut saya diperlukan), sehingga akan mempercepat proses sekarang dan kedepan. 

Salah satunya dengan kebutuhan detil, mk unit yang dibutuhkan via staffnya menyatakan sudah hubungi staff di tempat sy bekerja tapi tidak dibalas WA nya….. 

Setelah staff di tempat sy bekerja saya tanya kenapa tidak dibalas? jawabannya karena sedang menyiapkan jawaban dan tidak ada perasaan harus tanggapi dengan cepat. 

Menurut sy, ybs harusnya menanggapi dengan cepat dan menanyakana apa saja yang diperlukan serta menjanjikan pertemuan atau kapan akan memberikan informasi.

Memang hal ini sederhana dan kadang merasa tidak perlu. Akan tetapi yg memerlukan data tidak sadar dia perlu bantuan dan tanpa memperhatikan orang lain yg sedang diperlukan juga perlu diperhatikan dan memerlukan kepastian apakah text diterima dan mau apa? 

Dari pengalaman pribadi, maka dalam menjamin dan membuat trust maka perlu 

  1. Kenali diri sendiri dan tata nilainya.
  2. Melakukan sesuatu dengan tulus
  3. Lakukan apa yang sudah disampaikan
  4. Kenali orang/unit disekitarmu
  5. Bayangkan anda jadi orang lain yang berhubungan dengan kita
  6. Lakukan yang terbaik dan ikhlas.
  7. Tetap komunikasi/informasi dan perbaharui data


Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*