buku: solusi JK

April 28, 2013 by No Comments

Tgl 25 April kemarin sy mengikuti suatu acara gathering dan suvenirnya ada lima buku, Alhamdulillah.. salah satu buku adalah solusi JK yang dikarang pak Hamid Awaludin mantan dubes Indonesia di Rusia.

Sungguh saya terkesan dengan apa yg dilakukan pJK dalam menghadapi masalah yg selalu melihat aecara utuh dan melihat core issuenya… Kalau kita baca semua tulisan di buku tsb, maka akan sangat terlihat bhw pak  JK melihat segala sesuai dengan sangat jernih dan mendalam, sehingga inti masalah diketahui dan diperoleh solusi yang tepat dan tidak hanya di permukaan.

Sebagai contoh, pada saat rumah wapres mau ada perbaikan, proposal untuk sofa adalah 120 juta, pak JK sebagai pebisnis, minta istrinya periksa harga di toko yang ternyata hanya 30 juta (buku solusi JK). Disini terlihat JK selalu melakukan pemeriksaan ulang.

Setelah mendengar berbaginya pak JK, di forum tersebut pada tgl 25 tsb adalah beliau selalu melihat permasalahan secara utuh dan bertanya kepada semua pemangku kepentingan (stakeholder) serta tidak malu bertanya sendiri tanpa melalui anakbuahnya.

Ada nasihat yang sangat menarik terhadap istilah beliau, lebih cepat lebih baik, ternyata ini menjadi semacam pegangan bahwa dalam berbisnis sebaiknya lebih baik, lebih cepat, lebih murah tetapi dilaksanakan dengan berani bertanggung jawab. berani bertanggung jawab ini saya catat sebagai arti kata yang saya ketahui istilah profesiona.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*