Apa beda manajemen dan leadership?

March 18, 2018 by 3 Comments

oleh: Tonda Priyanto

Leadership and management are two distinctive and complementary systems of action. Each has its own function and characteristic activities. Both are necessary for success in an increasingly complex and volatile business environment…strong leadership with weak management is no better, and is sometimes actually worse, than the reverse. The real challenge is to combine strong leadership and strong management and use each to balance the other. – John Kotter, Management/Leadership Author and Professor of Organizational Behavior, Harvard Business School

Pengantar.

Setelah menulis tentang gaya kepemimpinan, kepemimpinan ala Nabi Muhammad, bedanya manager dan leader, maka dianggap perlu menulis apa itu managerial dan leadership dan apa bedanya. Tak kenal maka tak sayang adalah benar adanya, kata pepatah ini sering disebutkan pada saat kenalan dan ternyata tidak hanya untuk manusia tapi juga untuk ilmu pengetahuan.

Tinjauan Bahasa Inggris

Management adalah tindakan atau seni mengatur (managing) yang diantaranya melakukan supervisi atas sesuatu (misalnya bisnis). Dapat juga diartinya bahwa management adalah sekumpulan orang yang mengatur atau mengarahkan insitusi [1].

Sedangkan dari kamus [2] management diartikan sebagai organisasi dan koordinator dari aktivitas sebuah organisasi, bisnis untuk mencapai objectivenya. Management kadang termasuk faktor produksi, dengan machine, material dan modey.

[2] Menurut management guru Peter Drucker (1909-2005), tugas utama management termasuk marketing dan inovasi. Praktek modern management berawal pada abad 16 dengan judul study of low-efficiency and failures of certain enterprises, conducted by the English statesman Sir Thomas More (1478 – 1535). Management terdiri dari saling ketergantungan dan keterhubungan dari fungsi-fungsi dari pembentukan kebijakan organisasi dan organizing, planning, controlling, and directing sumber daya organsiasi untuk mencapai objective kebijakan yang sudah dibuat.

[2] Management juga diartikan sebagai tim terdiri dari directors and managers yang mempunyai kewenangan dan tanggung jawab untuk membuat keputusan dan melihat kedepan atau organsiasi atau perusahaan. Ukuran management dapat berukuran satu orang pada organisasi yang kecil sampai dengan ribuan orang dalam perusahaan multinasional. Pada perusahaan yang besar, dewan direktur mendefiniskan kebicajakan yang kemudian akan dikerjakan oleh CEO. Banyak orang setuju untuk evaluasi nilai perusahaan sekarang dan kedepan, yang paling penting adalah kualitas dan pengalaman para manager.

Sedangkan managerial adalah kata sifat (adjective) yang merupakan karakteristik management atau managernya. [2] Managerial skill yang umum adalah kemampuan membuat keputusan dan mengarahkan anak buahnya dalam sebuah perusahaan. Kecakapan yang umum adalah adalah (1) human skills: kompetensi beriteraksi dan memotivasi (2) technical skills – pengetahuan dan proficiency dalam perdagangan (3) conceptual skills – kemampuan memahami konsep, mengembangkan ide dan menerapkan dan menjalanka strategi. Kompetensi terdiri dari kemampuan komunikasi, response behavior and negotiation tactics.

Dalam bahasa Inggris [5], secara umum leader (pemimpin) dapat diartikan 2 hal:

  1. Pemimpin adalah seseorang yang memimpin, memberikan perintah sebuah kelompok, organisasi atau Negara. Atau dengan arti yang lain, leader adalah orang dianggap dari salah satu anggota suatu kelompok yang mempunyai posisi atau pengaruh yang nyata (legitimate). Persamaannya kata leader ini adalah Chief, Principal, Head.
  2. Pemimpin bisa juga dapat berupa suatu organisasi atau perusahaan yang paling maju dan sukses dalam bidang tertentu; misal perusahaan XXX adalah pemimpin dalam bidang Corporate University. Sinonimnya adalah pioneer, front runner, world leader dll

Sedangkan dari [4] leadership adalah (1) individu yang menjadi pimpinan sebuah organisasi dan dihormati secara bersama (2) aktifivitas memimpin sekelompok orang atau sebuat organisasi atau kemampuan melakukan hal ini.

Kegiatan leadership meliputi pembentukan visi yang jelas dan dibagikan dengan lainnya sehingga mempunyai pengikut dan pengikutnya akan mengikuti dengan keinginannya sendiri dengan memberikan informasi, pengetahuan dan metoda untuk merealisasikan visi. Leader akan mengkoordinasikan dan menyeimbangkan kepentingan semua anggotanya dan pemangku kepentingan. Semua leader akan berdiri pada saat terjadinya krisis dan mampu berpikir dan bertindak secara kreatif dalam situasi dan kondisi yang sulit.

Berbeda dengan management, leadership tidak bisa diajarkan, walaupun dapat dipelajari dan dikembangkan melalui coaching dan mentoring. Seseorang dengan kemampuan leadership yang hebat saat sekarang adalah Bill Gates, walaupun mengalami kegagalan, ybs terus meneruskan passion dan inovasinya yang telah membentuk Microsoft dan software industry untuk sukses. Bersikap menginspirasi anak buah untuk perform dan engange untuk mencapai tujuan.

Tinjauan Bahasa Indonesia [6, 7, 8]

Merujuk pada [6] kepemimpinan [n] perihal pemimpin; cara memimpin: mahasiswa tetap mendukung cara ~ nasional Presiden

ma.na.je.ri.al [a] berhubungan dng manajer: keterampilan — yg tinggi sangat diperlukan bagi setiap pemimpin

Kepemimpinan, pemimpin, pimpinan, mempunyai kata dasar pimpin (yang dalam bahasa inggris lead). Pimpin ini adalah kata kerja, dan dalam kamus bahasa indonesia [6] adalah berpimpin, dibimbing, dituntun. Dengan arti ini, maka akan terdapat 2 pihak yaitu yang dipimpin dan dan yang memimpin.

Sedangkan kalau ditampah dengan “ke” dan “an” dibelakangnya atau kepemimpinan yang artinya cara memimpin.  Jadi, kepemimpinan berarti kemampuan, ‘trait’ atau sifat, karakter dan kepribadian seseorang untuk mempengaruhi dan mungkin membujuk pihak lain untuk melakukan tindakan-tindakan untuk mencapai tujuannya dan atau tujuan bersama. ?Berarti orang yang mempengaruhi orang lain melalui proses kewibawaan, komunikasi sehingga orang lain bertindak untuk mencapai tujuan tertentu.

Cuplikan beberapa pengertian kepemimpinan dari penulis buku manajemen Indonesia [8] sbb:

  1. Mochtar Effendy dalam bukunya Manajemen Suatu Pendekatan Berdasarkan Ajaran Islam menyatakan: “kepemimpinan adalah kemampuan seseorang untuk meyakinkan orang lain agar orang lain itu dengan sukarela mau diajak untuk melaksanakan kehendak atau ?”
  2. Sondang P. Siagian dalam bukunya Filsafat Administrasi mengatakan: ?“Kepemimpinan merupakan inti dari manajemen, karena kepemimpinan merupakan motor penggerak bagi sumber-sumber dan alat-alat lainnya dalam suatu organisasi.”
  3. Imam Suprayogo juga mengatakan: “kepemimpinan adalah proses mempengaruhi individu atau group untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu dalam situasi yang telah ditetapkan.”

 

Sudah paham? Beri saya masukkan

 

Rujukan artikel:

 

[1] https://www.merriam-webster.com/dictionary/managementDefinition

[2] http://www.businessdictionary.com/definition/management.html

[3] http://www.businessdictionary.com/definition/managerial-skill.html

[4] http://www.businessdictionary.com/definition/leadership.html

[5] https://www.google.com/search?client=safari&site=async/dictw&q=Dictionary#dobs=leader

[6]http://kamusbahasaindonesia.org/massal.php

[7] https://library.binus.ac.id/eColls/eThesisdoc/Bab2/2012-1-00330-PS%20Bab2001.pdf

[8] http://selfmotivator.web.id/2017/belajar-kepemimpinan-dari-nabi-muhammad-saw.html

 

 

Catatan informasi yang dapat menambah pemahaman.

dan

http://excellentoutcomes.com.au/blog/article/managers_versus_leaders

https://www.clemmergroup.com/articles/management-vs-leadership/

Leadership, Management, Situational Leadership

https://www.clemmergroup.com/articles/management-vs-leadership/

 

http://www.shirlawscoaching.co.uk/shirlawsresources/2014/3/11/from-innovation-to-commercialisation-the-roles-of-entreprene.html

https://www.mgtsystems.com/management-and-leadership-development

 

 

 

 

 

 

 

3 Replies to “Apa beda manajemen dan leadership?”

  1. NOVIAN says:

    Jadi lebih jelas tentang perbedaannya

  2. Ria says:

    Sangat penting untuk kita mengerti apa perbedaannya

    1. tonda says:

      terima kasih mampir… salam sehat selalu

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*