Apa beda Corporate University dan Training Centre dan Universitas Biasa?

October 17, 2013 by No Comments

Setelah beberapa kali menyampaikan tentang Corporate University di beberapa tempat, terakhir di United Tractor tanggal 16 Oktober kemarin dan sebelumnya di PTPN-3 dan sebelumnya di acara CorpU summit 3 di Jakarta dan evolving Corporate University, maka dengan bantuan teman saya pak Bambang Budiono, maka kesimpulan sederhana adalah:

1. Universitas biasa, semua jenis learning dan learning adalah berawal untuk memberikan dasar Skill Knowlede dan Attitude secara umum atau memberikan ilmu umum atau generik atau sederhananya ilmu dasar. jadi saiapa saja bisa jadi mahasiswa.

2. training centre, seperti namanya, jelas untuk training, untuk menjadi trainned person atau terlatih, hasilnya adalah dilatih untuk skill tertetu dengan knowldge yang mendasar. biasanya kebutuhannya adalah untuk men training pegawai dimana kebutuhan training berawal dan berdasarkan kebutuhan meningkatkan skill dan knowledge pegawai.

3. Corporate University, dengan nama universitas korporasi atau dengan kata lain korporasi yang menjadi universitas para pegawainya. sehingga kebutuhan learning harus direncanakan dari bisnis mau apa yang akan dilakukan baru diurut kebelakang apa kebutuhan learningnya apa saja. kadang ini disebut backward planning atau dengan bahasa keren ‘berpikir di awal adalah dari akhir atau hal yang diharapkan’ – bahasa sono-nya ‘ start from the end’. akan tetapi universitas korporasi ditambah dengan memintarkan organisasi….

apa itu, komentari dan ikuti tulisan berikutnya…..

bogor, 17-10-13 jam 20-37

 

 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*